Mengolah Press Release Musik untuk Disebarkan

Dalam banyak kesempatan, KANODigital seringkali mendapatkan kiriman siaran pers (press release) tentang album baru dari sejumlah musisi (baru/pendatang baru dan yang senior). Seringkali pula merasa kurang puas dengan deskripsi dan informasi yang disampaikan oleh sang pengirim rilis (biasanya dari divisi promosi). Tidak hanya itu, informasi yang minim juga membuat penulis (yang juga relasi kami), mengeluhkan upaya penulisan karena harus mencari informasi tambahan dari berbagai media, yang terkadang informasi yang bersifat umum.


Mengingat informasi baru ini sangat penting bagi sejumlah media untuk diberitakan. Terkadang pula media rilis menjadi informasi tambahan dari event/gelaran press conference yang diselenggarakan manajemen band tersebut (baik yang diselenggarakan secara offline maupun daring).

Teknik menyampaikan informasi terbaru dari band/musisi yang meluncurkan album atau single baru sebetulnya sangat simpel, namun terkadang apa yang disampaikan pihak manajemen masih bersifat minim (teman-teman kami menyebutnya “mentah”) dan perlu diolah kembali.

Alih-alih ingin membantu mempublikasikan informasi/berita terbaru sang musisi, malah membuat repot dan enggan para wartawan yang akan menulisnya. Tidak mengherankan, tidak sedikit media rilis yang dibiarkan menumpuk (tidak terpublikasikan) meski sebetulnya materi album atau lagu yang baru cukup menarik untuk diberitakan. Sayangnya… [kanoadmin]

Leave a comment