Semakin Canggih, Kini Google Bard AI terhubung ke Fitur Google Lainnya

Saat hadirnya ChatGPT dan membuat gempar dunia teknologi, Google menghadirkan platform sejenis berbasis AI yaitu Bard AI. Belum lama, Google memberikan berbagai update penting Bard AI yang semakin fleksibel untuk digunakan pada fitur google lainnya, seperti Gmail, Dokumen, Drive, Peta, YouTube, bahkan Penerbangan Google dan hotel.

Seperti dilansir gsmarena, Langkah yang dilakukan google ini untuk memberikan pengalaman penggunaan AI yang jauh lebih menyenangkan dengan berbagai aplikasi buatan Google tersebut.

Google merilis fitur baru pada Bard yakni Bard Extensions. Dengan extensions itu, Bard dapat mengambil informasi yang relevan dari semua aplikasi dan layanan Google seperti, Gmail, Dokumen, Drive, Peta, YouTube, bahkan Penerbangan Google dan hotel.

Pengambilan informasi ini berfungsi bahkan ketika informasi tersebar di berbagai aplikasi dan layanan.

Untuk soal privasi, Google menjamin konten yang diakses Bard tidak bisa dilihat oleh orang lain. Namun akan digunakan untuk melatih model Bard.

Misalnya, ketika kamu merencanakan perjalanan ke Australia, kamu bisa meminta Bard untuk mengambil tanggal yang cocok untuk semua orang dari Gmail, mencari informasi hotel dan penerbangan secara real-time, menunjukkan petunjuk arah Google Maps ke bandara, dll.

Contoh lainnya, ketika kamu mengajukan pekerjaan baru. Kamu bisa meminta Bard untuk menemukan resume dari Drive dan merangkumnya menjadi pernyataan pribadi dalam satu paragraf, lalu melanjutkan berkolaborasi pada surat lamaran.

Mulai hari ini, Bard juga memiliki tombol “Google it” yang memungkinkan Anda untuk lebih mudah memeriksa jawabannya. Ketika Anda mengklik ikon G, Bard akan membaca respons dan mengevaluasi apakah ada konten di seluruh web untuk membuktikannya.

Selain itu, Bard juga punya fitur lain seperti mengunggah gambar dengan Lensa, mendapatkan gambar pencarian dalam respons, dan mengubah respons Bard, yang sebelumnya hanya tersedia dalam bahasa Inggris, kini tersedia dalam lebih dari 40 bahasa. [gsmarena/km/foto: istimewa]

Leave a comment